Franky Sahilatua




Franky Hubert Sahilatua lahir di Surabaya, Jawa Timur 16 Agustus 1953, awalnya bercita-cita menjadi pelaut, namun kedua orangtuanya, Hubert Johannes Sahilatua dan Theodora Joveva Uneputi-Sahilatua tak mengijinkannya, maka anak ketiga dari tujuh bersaudara ini harus memendam cita-citanya itu. Setelah memupus impiannya, Franky mengaku tergelincir ke dalam dunia musik, kala ia masih duduk di bangku SMA Pemuda di Surabaya.

Ketika kuliah di Akademi Akutansi Surabaya, ia sering di undang oleh teman-teman dari kampus lain untuk bernyanyi. Hasil uang dari menyanyi tersebut ia gunakan sebagai modal untuk pergi ke Jakarta mencari kesempatan masuk ke dunia rekaman.

Perjuangan untuk bisa masuk dapur rekaman dimulainya sejak tahun 1973 dan baru memperoleh kesempatan untuk rekaman di Yukawi pada tahun 1975. Album perdananya berlabel Senja Indah di Pantai, berduet dengan adiknya, Jeanne Maureen Sahilatua. Lirik lagu karya Franky pada masa Franky & Jane cenderung pada pemujaan alam, misalnya pada lagu Musim Bunga dan Kepada Angin dan Burung.

Duet Franky & Jeanne ini memilih jalur musik country dan sempat menghasilkan lima belas album, yang semuanya di bawah Jackson Record. Setelah duet ini mengakhiri kerjasamanya, karena Jeanne menikah dan memusatkan diri pada keluarga, Franky lebih banyak bersolo karier.

Di tahun 1992-1993, ketika himpitan atas kebebasan berkreasi mulai menjadi sebuah keresahan di kalangan seniman, dimana semua lini kesenian mulai menyuarakan jeritan, Franky pun turut tergerak. Manifestasi dari kesadaran kritisnya muncul dalam lagu-lagunya, seperti Terminal, Orang Pinggiran, Perahu Retak, Menangis dan Di Bawah Tiang Bendera.

Ketika atmosfer perlawanan dari masyarakat terhadap kekuasaan, konflik vertikal mulai lebih memanas, Franky mencoba untuk terus konsisten, ia pun menangkap momentum itu dan ia tuangkan dalam karya-karyanya, seperti lagu“Aku Mau Presiden Baru dan“Jangan pilih Mereka”

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
Powered by Blogger