Koin Emas 2.200 Tahun Ditemukan di Israel

Koin emas, terberat dan paling berharga yang pernah ada ditemukan di Israel, dalam sebuah penggalian, menurut laporan sejumlah media yang mengutip pernyataan dari Israel Antiquities Authority, Kamis (12/8).

Koin emas itu ditemukan dalam penggalian yang dilakukan para peneliti Universitas Minnesota dan Universitas Michigan di Tel Kadesh, perbatasan antara Israel - Lebanon, 22 Juni lalu, menurut Israel Antiquities Authority.

Para peneliti mengatakan bahwa koin 2.200 tahun seberat satu ons bergambar Arsinoe II, istri Raja Ptolemeus II dan ratu Mesir itu dicetak pada 191 SM di Alexandria. Koin ini kira-kira enam kali lebih berat dibandingkan koin lain yang pernah ditemukan di Israel.

Besar koin emas ini menunjukkan kemungkinan besar tidak digunakan sebagai mata uang, ujar Dr. Donald T. Ariel, Kepala Bagian Koin pada Antiquities Authority kepada Jerusalem Post.

"Koin seukuran ini tidak akan beredar di pasar, benda ini dibuat hanya untuk tujuan ritual upacara," ujar Ariel kepada Jerusalem Post.

Ia menambahkan bahwa koin tersebut bernilai seratus uang perak pada waktu itu - "setara dengan gaji setengah tahun untuk ukuran diatas rata-rata pada jaman tersebut."

Tel Kades adalah sebuah daerah yang luasnya sekitar 25 hektar - tempat tinggal bagi sejumlah bangsa kuno, seperti bangsa Kanaan, Phonecians dan Persia. Universitas ini telah melakukan penggalian di daerah tersebut sejak 1997. 

sumber: erabaru.net

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
Powered by Blogger